Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan kegiatan menyampaikan informasi dan value kepada pihak lain dengan kontek saling menguntungkan, dimana kegiatan ini sering disebut dengan marketing. Setiap instansi/lembaga/organisasi baik profit oriented ataupun bukan, pasti menerapkan konsep pemasaran untuk menjalankan prosesnya, sehingga pemasaran sebagai ujung tumbak kegiatan atau satu-satunya pintu mendatangkan pendapatan atas value yang dihasilkan. Potensi yang terbuka luas secara kuantitas untuk disegala bidang menjadikan marketing  sebagai salah satu bidang pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Hal ini seiring dangan misi Kota Bandung sebagai kota jasa yang bermartabat, sehingga sektor perdagangan produk kreaktif dan jasa sebagai unggulan untuk menderek perekonomian Kota Bandung.

Kopetensi Keahlian Pemasaran mampu menghasilkan pekerja yang siap pakai dan sekaligus memiliki jiwa entrepreneur  dibidangnya, meliputi :

  1. Bidang ritel : sebagai Kasir, SPG/SPM, Service Crew, Team Supporting Seles, Administratur penjualan
  2. Bidang Non Ritel tentu sebagai marketing handal dengan kemampuan persuasif dan komunikatif.
  3. Bidang pergudangan mampu menjadi Pelaksana Manajemen Gudang dengan konsep sesuai yang dikehendaki oleh manajemen.
  4. Berpeluang membuka usaha (wirasusaha) yang dibekali dengan konsep usaha yang benar dan terencana, mampu membaca kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan usaha terkait.

Untuk menunjang pembelajaran dan pencapaian kompetensi tersebut di atas, maka kompetensi keahlian Pemasaran menyiapkan fasilitas :

  • Ruang bengkel simulasi untuk kasir dengan mesin cash register Sharp ER-A440s dan mesin point of sale (POS) dengan program minimarket/ritel full speck
  • Ruang bengkel simulasi penataan produk dan fungsi lain dalam dunia ritel
  • 2 Ruang lab komputer dengan kapasitas masing-masing 20 siswa
  • Toko bisnis center yang merupakan real minimarket baik konsep penataan layout maupun program aplikasi POS yang telah didukung oleh pihak PT. Sumber Alfaria Trijaya (Brand Alfamart)
  • Program praktek kerja lapangan atau industri (Prakerin) bagi siswa kelas XI di lingkungan industri ritel (Yogya Group, Giant Group, toko Subur Mart, Robbani dll) maupun industri non ritel (BTN, BTPN, Asuransi BUMIDA, PT. SAT dll) dengn harapan menyiapkan siswa untuk mengenal dunia pekerjaan di berbagai bidang.
  • Program ujian kompetensi siswa kelas XII dengan lembaga asosiasi ritel APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) DPD Jabar

Upaya-upaya pembelajaran yang dilaksanakan daam kompetensi keahlian pemasaran mampu membuahkan prestasi siswa diantaranya :

  • Juara 3 tingkat Propinsi Jabar Lomba kompetensi siswa (LKS) tahun 2010/2011
  • Juara 2 tingkat Propinsi Jabar Lomba kompetensi siswa (LKS) tahun 2011/2012
  • Juara 3 tingkat kota Bandung Lomba kompetensi siswa (LKS) tahun 2013/2014