Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Administrasi Perkantoran yang memiliki pengetahuan  keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mencintai profesi pekerjaannya.

TUJUAN KHUSUS KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupu tertulis dengan relasi dan memperhatikan norma dalam lingkungan masyarakat.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat atau dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  2. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga di peroleh manfaat masing-masing pihak.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat di laporkan dan dipertanggungjawabkan

RUANG LINGKUP KOMPETENSI ADMINISTRASI PERKANTORAN

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan kompetensi keahlian Administrasi perkantoran adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi bidang sekretaris atau Administrasi bisnis pada jenjang smk antara lain adalah Staf Administrasi, Resepsionist, Operator telepon dan Asisten sekretaris

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Administrasi Perkantoran juga di mungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Administrasi Perkantoran.

Profil kompetensi keahlian Administrasi perkantoran terdiri dari dasar kompetensi kejuruan dan kompetensi kejuruan Administrasi perkantoran yang masing- masing telah memuat kompetensi kunci, kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generic.

  • Dasar Kompetensi Kejuruan
  1. Memahami Prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran.
  2. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
  3. Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelangggan.
  4. Menerapkan keselamatan,kesehatan kerja dan lingkungan (K3LH).
  • Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran
  1. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak.
  2. Mengoperasikan aplikasi presentasi.
  3. Mengelola peralatan kantor.
  4. Melakukan prosedur administrasi.
  5. Menangani penggandaan dokumen.
  6. Menangani surat / dokumen kantor.
  7. Mengelola sistem kearsipan.
  8. Membuat dokumen.
  9. Memproses perjalanan bisnis.
  10. Mengelola pertemuan / rapat.
  11. Mengelola dana kas kecil.
  12. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  13. Mengelola data / informasi di tempat kerja.
  14. Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja.